Wednesday, November 28, 2018

Cara Menginstall Software Node Js Di Windows

Hallo Smart People, kali ini aku akan membagikan tutorial menginstall software Node Js
Apa itu Node.js ? Ada yang sudah tau JavaScript? Kalo selama ini kita mengenal JavaScript sebagai client side scripting, kini JavaScript sudah ada untuk server side scriptingnya juga. Dialah Node.js. Artinya kini Kamu sanggup membangun layanan web memakai bahasa JavaScript.
Node.js punya NPM (Node Package Manager), yaitu managemen paket librari untuk Node.js. NPM memudahkan pengembang untuk membagikan librari dan aplikasi node, sehingga orang lain sanggup lebih gampang memasang dan melepas librari pada programnya.
Adapun cara instalasi Node.js sebenernya langkah-langkahnya sudah dijelaskan di websitenya Node.js sendiri. Tapi pada goresan pena ini akan dijelaskan langkah-langkah mudah instalasi Node.js untuk Windows.

Berikut ialah langkah-langkahnya :
1.      Kunjungi dan download Node.JS Installer pada website resminya di Agen BandarQ , pilih Windows Installaer (.msi) dan sesuaikan dengan Jenis Sistem Operasi pada laptop/komputer anda.

 2.       Jalankan file msi yang sudah didownload. tekan Next.


 3.     Lalu tekan Next,

 4.     Sekarang Software Node Js sudah siap untuk di install, tekan button Install.

5.     Lalu tunggu beberapa ketika dalam proses penginstallan,


6.     Software Node Js selesai di install.

Cara Cek Hasil Instalasi

Untuk memastikan NodeJS sudah terinstal dengan baik dan sudah terdaftar di path (untuk Windows), buka jendela gres terminal atau buka cmd kemudian ketikkan perintah berikut:

Node -v

atau

Npm -v

Kedua perintah di atas di gunakan untuk mengecek nomor versi  nodejs dan npm. Apabila nomor versi telah muncul maka itu artinya nodejs dan npm sudah siap digunakan.


Apabila ada tahap yang kurang terperinci wacana cara menginstall software Node JS ini, silahkan tulis di kolom komentar, aku akan usahakan menawarkan balasan secepat dan semaksimal mungkin..
Semoga Bermanfaat :) 

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Manfaat Buku Elektronik Bagi Kaum Laki Laki

Perkembangan teknologi yang semakin maju telah menciptakan banyak orang beralih dari membaca buku jadi membaca e-book. Walaupun diangga...